Oleh: Ikhwan Rizki | Desember 18, 2009

Seminar Nasional Farmasi “Antiretroviral” 25 Januari 2010

Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency virus). Merebaknya epidemi HIV/AIDS telah menjadi permasalahan dunia yang membutuhkan penanganan secara komprehensif dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Di Indonesia, menurut data dari Departemen Kesehatan akhir Maret 2009, kasus AIDS mencapai 16964 sedangkan infeksi HIV sebanyak 6130. Terkait dengan dampak yang dapat ditimbulkan dari HIV/AIDS tersebut, mendorong munculnya berbagai studi dan penelitian dalam rangka menemukan senyawa berpotensi sebagai anti-HIV yang baru. Studi terhadap senyawa yang berpotensi sebagai anti-HIV dimaksudkan untuk dapat menemukan anti-HIV baru yang lebih efektif dan aman. Hal tersebut diharapkan akan dapat menekan angka mortalitas akibat HIV/AIDS.
Berdasarkan permasalahan di atas, Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Islam Indonesia merencanakan untuk mengadakan seminar nasional yang bertemakan “Mencari Solusi Atas Permasalahan Penggunaan ARV untuk Pengobatan Pasien HIV-AIDS di Indonesia”, pada tanggal 25 Januari 2010 di Auditorium Kahar Muzakir Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang Km. 14,5. Pada sesi pertama, seminar nasional farmasi akan menghadirkan 3 orang pembicara, yaitu:

1. Prof. Sismindari, Ph.D., Apt. (Guru Besar Fakultas Farmasi UGM)
Topik: Perkembangan penemuan obat baru yang berpotensi sebagai anti-HIV
2. drg. Dyah Ertimustikawati, M.Ph. (Kasubdit AIDS dan PMS Dit. P2ML ditjen PP dan PL Depkes RI)
Topik: Solusi atas permasalahan pada aspek regulasi pendistribusian ARV di Indonesia
3. Dra. Riska Andalusia, M. Pharm., Apt. ( Farmasis Klinis RS. Dharmais Jakarta)
Topik: Solusi atas permasalahan penggunaan ARV pada pasien di rumah sakit

Kegiatan ini mempunyai satuan kredit partisipasi ISFI bernilai 4. Diharapkan kegiatan ini sebagai bentuk continuing education bagi staf pengajar Jurusan FMIPA, UII maupun bagi masyarakat luas yang membutuhkannya.
Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi alamat kesekretariatan Seminar Nasional Farmasi “Antiretroviral” di Jl. Kaliurang Km. 14,5 Kampus Terpadu, FMIPA, Jurusan Farmasi, Telp. (0274) 896439, 895920 ext.3022 fax.3020 atau dengan Sdr. Bambang Hernawan Nugroho (+6281804370088) email: seminar.farmasi@uii.ac.id
Seminar Nasional Farmasi “Mencari Solusi Atas Permasalahan Penggunaan ARV untuk Pengobatan Pasien HIV-AIDS di Indonesia” yang akan diadakan pada tanggal 25 Januari 2010, juga mengundang partisipasi Bapak/Ibu untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang: Farmakologi farmasi, Biologi farmasi, Kimia farmasi, Teknologi farmasi, Farmasi klinik dan komunitas. Setiap pemakalah dapat mengirimkan publikasi hasil penelitiannya maksimal 2 judul sebagi penulis utama. Apabila ada hal-hal lain yang perlu ditanyakan, dapat menghubungi alamat sekretariatan di bawah ini:
Sekretariat panitia bertempat di :
Jurusan Farmasi, FMIPA, Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km 14,5 Yogyakarta 55584 kotak pos 75
Telp. (0274) 895920, 896439, 895402, 895707 ext 3022, Fax. 3020
Email : seminar.farmasi@uii.ac.id
http://www.pharmacy.uii.ac.id


Responses

  1. kita farmsis memang perlu pengembangan diri terus agar tidak tertinggal, apalagi kt yang didaerah, mohon diberitakan jika ada seminar atau pelatihan ke kita


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: